RSS

Musik Asia

01 Oct

Ok kita mulai lagi membahas soal musik. Sekarang kita bahas soal Musik diluar Indonesia, tapi tidak usah yang terlalu jauh dari indonesia ya (Musik Asia). Mulai dari solois, duo, grub band, dan boy band yang laris manis di belantika musik asia. Gak usah jauh-jauh siapa si yang tidak kenal dengan boy band-boy band asal Korea Selatan yang berparas baby face dan berparas tampan tapi bisa dibilang cantik juga, dengan tubuh mereka yang six pack. Wanita mana yang tidak tergoda dan gemas meliaht para pria itu. Sebut saja boy band asal Korea Selatan yang jumlah penrsonelnya 13 orang yaitu Super Junior (SUJU).

Super Junior

Super Junior bisa dibilang salah satu boy band Korea yang berhasil go internasionl dan sangat di gemari oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Tidak usah jauh-jauh para E.L.F (sebutan untuk fans suju) banayk juga loh yang berasal dari Indonesia, mereka sangat fanatik sehingga semu yang berhubungan dengan suju pasti mereka buru dan mereka cari, walau pun kadang-kadang harus dengan susah payah dan dibayar dengan harga yang relatif malah.

Para fans fanatik tersebut tidak mau ketinggalan info tentang mereka, mulai dari soal umum seperti lagu-lagu baru, hingga masalah pribadi seperti percintaan para personil suju. Bisa dibilan untuk para fans fanatik suju “tiada hari tanpa suju”.

Suju juga sering mengeluarkan single terbaru mereka yang laris manis di bursa musik Korea bahkan manca negara. Salah satu hits mereka adalah “Sorry-Sorry”, dan single hits mereka lainnya.

Leader Super Junior yang bernama Leeteuk, pernah berkomentar “Aku akan melindungi Super Junior .. Aku tak peduli apa yang orang lain katakan tentang Super Junior .. ELF .. merasa percaya pada dunia, mari kita coba dan mulai berjalan perlahan-lahan? Aku tidak percaya pada AKHIR namun DAN. Cinta dan cinta”. Dan nama 3 personel suju yang non aktif yaitu Han Geng, Kibum, dan Kangin. Dan nama personel lainnya yaitu Heechul, Yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Reyowook, dan Kyuhyun.

Sejarah Super Junior

Super Junior 05 memulai debutnya pada program musik SBS Online Songs pada tanggal 6 November 2005, melakukan single pertama mereka, “TWINS (Knock Out).” Tunggal digital dengan “TWINS (Knock Out)”, “You are the One”, dan tiga lagu tambahan yang dirilis secara online pada 8 November. CD fisik dijadwalkan akan dirilis pada minggu berikutnya, tetapi album yang lebih lengkap, SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada 6 Desember 2005 sebagai gantinya. Album perdana mereka terjual 28.536 kopi di bulan pertama rilis dan debutnya di # 3 di chart bulanan Desember 2005. Pada bulan yang sama, mereka merilis “Show Me Your Love,” sebuah kolaborasi tunggal dengan TVXQ . “Show Me Your Love” menjadi catatan terlaris Desember 2005, menjual 49.945 salinan bulan itu.

Pada Februari 2006, Super Junior 05 mulai pertunjukan untuk “Miracle”, yang kedua tunggal promosi dari album debut mereka. “Miracle” adalah single pertama kelompok puncak # 1 di chart musik online dari Korea Selatan serta tangga musik Thailand, gambar bunga dari pasar internasional. Sebagai promosi untuk “Miracle” berakhir, SM Entertainment mulai memilih anggota baru untuk Super Junior line-up proyek kedua, Super Junior 06. Perusahaan bahkan menyiapkan daftar anggota yang dipilih yang lulus dari grup. Namun, tidak ada anggota dibawa keluar dan anggota ketiga belas ditambahkan, bukan pada Mei 2006. Line-up proyek telah ditinggalkan sejak itu, dan kelompok hanya dikenal sebagai Super Junior, tanpa akhiran “05″.

Debut Suju di Luar Korea

Pada tanggal 2 Oktober 2007, SM Entertainment mengumumkan sub-unit ketiga Super Junior, Super Junior-M, sebuah subkelompok yang ditujukan untuk pasar Cina. Sementara pembentukan subkelompok singkat menciptakan kontroversi di antara para penggemar dan manajemen, Super Junior-M menjadi sebuah kesuksesan fenomenal di Cina, memiliki kesempatan untuk memiliki dua terjual habis konser di Hong Kong, atas peringkat mingguan dengan penampilan mereka di berbagai program, dan menjadi kelompok berhala yang paling pengesahan kontrak di China. Dengan tidak adanya hampir separuh dari anggota di Korea, sub-unit keempat Super Junior ini terbentuk pada tahun yang sama untuk mencegah Super Junior dari menghilang dalam industri musik Korea. Dengan lima anggota dari Super Junior-T dan Yesung, mereka membentuk subkelompok, Super Junior-Happy. Super Junior-Happy merilis EP “Cooking? Cooking!” pada 5 Juni 2008, dan promosi berakhir pada 7 September, yang berlangsung selama empat bulan. Pada November 2008, Super Junior-T kembali, kali ini sebagai kelompok bernyanyi di Jepang, yang disebut SuperJunior-TxMoeyan; Moeyan menambahkan grup ini, seorang wanita yang terkenal dua kelompok komedi di Jepang. “ROCK & GO”, sebuah bahasa Jepang versi “Rokkugoh!!”, debut di # 19 di Oricon Charts Harian dan melompat ke # 2 tiga hari kemudian.

Tur besar pertama Super Junior, Super Show, yang dimulai pada 22 Februari 2008 di Seoul. Tur mencakup tiga negara dan telah ditunjukkan pada enam kota yang berbeda, termasuk Bangkok, Shanghai, dan Beijing . Dari 8 Juli – 9 Juli, 2008, Super Junior mengadakan jumpa penggemar pertama mereka di Jepang, di Nippon Budokan di Tokyo, sebagai perayaan untuk pembukaan Homepage Jepang resmi mereka, yang diluncurkan pada 1 April 2008. 12.000 tiket ke jumpa penggemar semua terjual habis dalam beberapa hari. Grup dikompilasi Jepang merilis satu hari berikutnya, yang berjudul “U / TWINS”, yang meliputi versi Jepang “U” dalam rilis terbatas, untuk melengkapi acara. Tunggal memuncak di # 4 di Oricon Jepang Daily Chart di hari pertama rilis, dan turun ke bawah untuk hanya empat tempat dalam detik. Tunggal memecahkan rekor baru untuk menjadi yang pertama tunggal Korea telah membuat dalam top 10 di Oricon Jepang Weekly Chart. Pada tanggal 2 Agustus 2008, Super Junior memperluas rute ke Genting Highlands, Malaysia, menjadi salah satu dari tamu pemain di MTV Asia Awards 2008 bersama dengan artis internasional lainnya seperti OneRepublic dan Jabbawockeez. Mereka adalah seniman SM ketiga yang menang Favorite Artis Korea di MTV Asia Awards setelah Kangta dan BoA, dan yang kedua kelompok musik memenangkan penghargaan setelah JTL pada tahun 2003.

Album ketiga Super Junior, “Sorry Sorry”, dirilis pada 12 Maret 2009 dengan diakui ulasan. Judul album single, “Sorry Sorry” ini dirilis secara digital pada 9 Maret 2009. Dalam waktu kurang dari seminggu setelah preorders diumumkan, lebih dari 150.000 eksemplar pra-perintahnya. “Sorry Sorry” adalah album pertama mereka debut di # 1 pada Hanteo Charts, dan terjual lebih dari 29.000 eksemplar pada hari pertama, Seo Taiji mengalahkan rekor 25.000. Promosi untuk album mulai Maret 13 dengan kinerja “Sorry Sorry” dan “Why I Like You” di Music Bank. Dua minggu kemudian, “Sorry Sorry” menjadi nomor satu nyanyian minggu pada program yang sama. Selama kinerja kelompok pada program musik Lagu-lagu Populer pada 15 Maret naik ke peringkat setinggi 14%, yang tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Dari Maret-Mei, “Sorry Sorry”mengumpulkan total sepuluh # 1 penghargaan dengan kemenangan berturut-turut di Korea, setelah tunggal menjadi sukses nasional dan internasional. Setelah hanya satu bulan rilis, menjadi album terlaris tahun 2009 di Korea Selatan. Sorry Sorry juga yang kritis dan sukses secara komersial hit di negara-negara Asia lainnya, memilih kelompok untuk menjadi satu-satunya wakil di luar negeri untuk kedua kalinya di Taiwan’s Golden Melody Awards tahunan. Sorry Sorry adalah album bahasa korea terlaris di Taiwan, Thailand, Cina, dan Filipina, di mana tercantum di album terakhir menjadi album K-pop yang pertama untuk mencapai # 1 di chart musik dari negara.

SS501

Selain Suju ada juga boy band Korea lainnya yaitu SS501. SS501 (dibaca Double S 501) adalah boy band asal Korea Selatan. Grup ini terdiri dari 5 orang anggota di bawah manajemen DSP Entertaimen. Nama fans SS501 adalah Triple S

Anggotanya terpilih dalam acara pencari bakat m!pick bulan Maret 2005. Acara hasil kerja sama televisi kabel KM dan Mnet ini membuat mereka populer. Kafe khusus penggemar bahkan sudah dibuka sebelum SS501 resmi memulai debutnya. Singel perdana mereka “경고” (Gyeonggo) dirilis bulan Juni 2005. Anggotanya aktif sebagai Mc, model, bintang iklan, pertunjukan beragam, DJ, dan aktor.

Awalnya, “S” pertama dari “SS501” adalah singkatan untuk “Super”, sedangkan “S” kedua untuk “Singersongwriter”. Angka “5” melambangkan jumlah anggota, 0 melambangkan “tak terhingga”, dan “1” berarti nomor 1. Namun sekarang, “S” pertama berarti “Sun, Star, Special” yang menjadi lambang masa depan mereka. Sementara “S” kedua adalah singkatan untuk “singer”, dan “501” berarti 5 yang abadi menjadi satu.

Pada April; 2006, SS501 manggung di Nippon Budokan memperingati mulai mengudaranya televisi kabel Mnet Japan. Di keesokan harinya mereka mengadakan jumpa penggemar. Konser pertama di Jepang diadakan di Grand Cube Osaka, bulan September tahun yang sama. Setelah bersiap untuk debut di Jepang, singel maxi “Kokoro” dirilis bulan Agustus 2007. “Kokoro” sampai di tangga lagu Oricon urutan ke-5.Singel kedua, “Distance ~Kimi to no Kyori” dirilis 19 September 2007, dan sampai di urutan ke-3 Oricon. Setelah itu, album perdana, SS501 dirilis 24 Oktober 2007.

Kesuksesan di Jepang membuat SS501 menerima Penghargaan Piringan Emas Jepang ke-22, Maret 2008 sebagai salah satu dari 10 artis pendatang baru terbaik.

Leader dari SS501 yaitu Kim Hyun Joong atau yang sering disebut dengan HJ (Cow, DogOx). Priak kelahiran Seoul, 06 Juni 1986 ini adalah salah satu pemeran utama drama serial terlaris di Korea dan Asia yaitu Boys Before Flowers (BBF) pada tahun 2009. Hj berperan sebagai Yoon Ji Hoo yang sifatnya sangat bertolak belakang  meneurut dia dengan sifat aslinya.

Personel lainnya adalah : Heo Young Saeng sebagai vocal utama. Kim Hyung Joon sebagai vocal/rapp. Kim Kyu Jong sebagai vocal. Park Jung Min sebagai vocal.

Alice Nine

Ada juga grup band Asia yang berasal dari Jepang salah satunya adalah Alice nine. Alice Nine merupakan band visual rock dengan sound yang susah untuk digambarkan; kencang tapi tidak selalu bernuansa agresif. Band ini memulai karirnya sejak tahun 2004 di PS Company, sebuah sub-divisi dari Free-Will. Dan beranjak dengan cepat dengan terjual ludesnya cetakan pertama dan kedua single pertama mereka dalam jangka waktu yang singkat! Di tahun-tahun berikutnya, kelima anggota grup ini tidak memperlihatkan tanda-tanda penurunan.

Nama-nama personil Alice Nine yaitu Shou (ex Givuss) pada vocal, Tora (ex Givuss) dan Hiroto (ex Baquepia) pada gitar, Saga (ex Visage) pada bass, dan Nao (ex Fatima) pada drum.
Alice nine, menggebrak 2005 dengan mengadakan one-man pertama mereka di Liquid Room-Ebisu. Mereka juga berpartisipasi dalam sejumlah event lainnya selama Februari dan Maret, termasuk sebuah live di hari Valentine, yang bertempat di Electric Land Lady. Pada tiga bulan berikutnya mereka mengeluarkan tiga buah single lagi. Kemudian band ini menghabiskan bulan April dengan bermain sebagai band pembuka Kaggra – band yang berada di label yang sama dengan mereka – selama tur 2005 mereka. Di bulan Juni, mereka mengadakan two-man tur lagi dengan Ayabie. Kali ini jauh lebih panjang dari tur mereka terdahulu, membawa kedua band ini keliling Jepang.
Di bulan Juli alice nine yang baru saja selesai tur dengan Ayabie kembali mengendarai bis tur mereka untuk berpartisipasi dalam “PS Company presents: Tribal Arivall Tour 2005” bersama dengan Kra dan bis, keduanya merupakan artis PS Company pada saat itu. Band ini juga merilis mini-album kedua mereka yang bertajuk ALICE IN WONDEЯLAND tanggal 27Juli untuk menyenangkan fans mereka. Setelah musim panas yang melelahkan band ini beristirahat sejenak di bulan Agustus dan September. Mereka hanya tampil sekali serta mengadakan beberapa in-store event. Saat udara jadi lebih dingin, alice nine malah kembali memanas. Dengan tampil di Shibuya O-West bersama Duel Jewel dan Soroban pada bulan Oktober sebelum dirilis-ulangnya CD – CD mereka terdahulu. Ketika bulan Desember tiba, alice nine ikut bagian dalam “Peace & Smile Carnival Tour” yang diorganisir oleh PS Company, sebagai label dari artis – artis yang tampil di acara tersebut. Pada bulan ini juga fan club mereka dibuka.
Tahun 2006 alice nine membuka tahun dengan merilis DVD live pertama mereka berjudul ALICE IN WONDEЯLAND FILM dan diteruskan dengan merilis tiga buah single baru. Salah satu single tersebut tampil pada sebuah seri animasi. Bulan berikutnya mereka mengadakan tur one-man pendek untuk merayakan dibukanya fan club baru mereka, yang membawa band ini ke Osaka, Nagoya, dan kemudian kembali ke Shibuya. Di bulan April alice nine merilis album pertama mereka, Zekkeishoku. Di musim panas alice nine beristirahat sejenak tetapi para fans tidak ditinggalkan lama dengan dirilisnya DVD kedua mereka, NUMBER SIX. Kali ini berisi sebuah film pendek yang ditulis oleh sang gitaris Tora beserta sebuah video musik dan beberapa cuplikan behind-the-scene. Bulan Oktober mereka mengeluarkan single yang hanya dijual di internet, Blue Planet. Single ini hanya bisa diakses dengan menggunakan kartu kredit Jepang. Mereka kemudian mengakhiri tahun dengan bermain di berbagai event, termasuk perayaan Beat Shuffle yang diadakan tanggal 30 Desember.
Band ini melangkah di tahun 2007 dengan sejumlah rilisan baru, termasuk sebuah DVD, single baru, dan photobook. Mungkin berita yang paling luar biasa bagi fans internasional mereka adalah ketika mereka berpartisipasi dalam event “Jrock Revolution” yang diadakan di Los Angeles, California. Setelah ambil bagian dalam event multiband yang diadakan di akhir Mei ini, mereka kembali merilis sebuah single baru di bulan Juni dengan judul WHITE PRAYER.
Cukup sekian aja kali ya info dari saya tentang topik ini. Semoga bermanfaat. [berbagai sumber]
 
1 Comment

Posted by on October 1, 2010 in Musik

 

One response to “Musik Asia

  1. 501island

    April 21, 2011 at 10:48 am

    SS501 Daebak^^

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: